Selasa, 14 April 2009

tak terulang ungu

Menghabiskan waktu duduk berdua dengan mu
Bercerita tentang hidupku dan hidupmu
Mencari makna yang terpendam di dasar jiwa
Bersamamu teman kusambut hari esok

Peluh yang tercurah tanda bahwa kita bisa
Melewati semua menyambut hari esok


Chorus:
Dan genggam tanganku erat
Ku yakin kita bisa
Melewati hari ini dengan senyuman
Dan jangan pernah kau lupakan
Hidup hanya sebuah rencana
Yang tak akan pernah bisa terulang

Yang tak akan pernah bisa terulang
Yang tak akan pernah bisa terulang
Yang tak akan pernah bisa terulang
Yang tak akan pernah bisa terulang


donlod




tak terulang ungu

Menghabiskan waktu duduk berdua dengan mu
Bercerita tentang hidupku dan hidupmu
Mencari makna yang terpendam di dasar jiwa
Bersamamu teman kusambut hari esok

Peluh yang tercurah tanda bahwa kita bisa
Melewati semua menyambut hari esok

Chorus:
Dan genggam tanganku erat
Ku yakin kita bisa
Melewati hari ini dengan senyuman
Dan jangan pernah kau lupakan
Hidup hanya sebuah rencana
Yang tak akan pernah bisa terulang

Yang tak akan pernah bisa terulang
Yang tak akan pernah bisa terulang
Yang tak akan pernah bisa terulang
Yang tak akan pernah bisa terulang


donlod

link kamus musik pono banoe

http://books.google.co.id/books?id=WlBqXSLgEWcC&dq=kamus+musik+pono+banoe&printsec=frontcover&source=bl&ots=qE_7xvpluU&sig=4D3MtURm2uaIHduXWpWQoVbl5WI&hl=id&ei=s1XlSduaMIegkQWIm7HWCw&sa=X&oi=book_result&ct=result&resnum=1#PPP1,M1

kabel

http://www.vokuz.com/forums/showthread.php?t=1046

Senin, 13 April 2009

belajar efektif

Belajar Efektif Dengan Teori Steven Covey

Materi diadaptasi dari:
Landsberger, Joe. Effective Habits for Effective Study

1. Bertanggung jawab atas dirimu sendiri.
Tanggung jawab merupakan tolok ukur sederhana di mana kamu sudah mulai berusaha menentukan sendiri prioritas, waktu dan sumber-sumber terpercaya dalam mencapai kesuksesan belajar.
2. Pusatkan dirimu terhadap nilai dan prinsip yang kamu percaya.
Tentukan sendiri mana yang penting bagi dirimu. Jangan biarkan teman atau orang lain mendikte kamu apa yang penting.
3. Kerjakan dulu mana yang penting.
Kerjakanlah dulu prioritas-prioritas yang telah kamu tentukan sendiri. Jangan biarkan orang lain atau hal lain memecahkan perhatianmu dari tujuanmu.
4. Anggap dirimu berada dalam situasi "co-opetition" (bukan situasi "win-win" lagi).
"Co-opetition" merupakan gabungan dari kata "cooperation" (kerja sama) dan "competition" (persaingan). Jadi, selain sebagai teman yang membantu dalam belajar bersama dan banyak memberikan masukkan/ide baru dalam mengerjakan tugas, anggaplah dia sebagai sainganmu juga dalam kelas. Dengan begini, kamu akan selalu terpacu untuk melakukan yang terbaik (do your best) di dalam kelas.
5. Pahami orang lain, maka mereka akan memahamimu.
Ketika kamu ingin membicarakan suatu masalah akademis dengan guru/dosenmu, misalnya mempertanyakan nilai matematika atau meminta dispensasi tambahan waktu untuk mengumpulkan tugas, tempatkan dirimu sebagai guru/dosen tersebut. Nah, sekarang coba tanyakan pada dirimu, kira-kira argumen apa yang paling pas untuk diberikan ketika berada dalam posisi guru/dosen tersebut.
6. Cari solusi yang lebih baik.
Bila kamu tidak mengerti bahan yang diajarkan pada hari ini, jangan hanya membaca ulang bahan tersebut. Coba cara lainnya. Misalnya, diskusikan bahan tersebut dengan guru/dosen pengajar, teman, kelompok belajar atau dengan pembimbing akademismu. Mereka akan membantumu untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik.
7. Tantang dirimu sendiri secara berkesinambungan.
Dengan cara ini, belajar akan terasa mengasyikkan, dan mungkin kamu mendapatkan ide-ide yang cemerlang.

macam kecerdasan

Kecerdasan Verbal Linguistik
Jenis kecerdasan ini berhubungan dengan membaca , menulis dan bahasa termasuk menulis puisi, sajak dan bercerita., kecerdasan ini juga disebut kecerdasan kata-kata

Kecerdasan Numerik
Kecerdasan ini ditemukan kepada orang-orang yang suka bermain dengan angka-angka. Mereka sangat suka sekali dengan data-data statistik. Mereka juga mudah memecahkan persoalan matematika dan mereka juga biasanya pemikir yang rasional dan tenang.

Kecerdasan Ruang / Visual
Kalau dengan mencoret-coret anda bisa lebih mendengarkan pelajaran di kelas. Atau jika anda selalu melihat benda-benda yang ingin di foto. Kecerdasan ini terbiasa melihat pola, desain dan ruang. Ini ditemukan pada banyak seniman, arsitek dan koreografer yang bisa memvisualisasikan objek 2/3 dimensi menjadi nyata

Kecerdasan Musikal
Apakah anda seorang yang menikmati atau bahkan menciptakan suatu harmoni suara ?, maka anda termasuk ke dalam orang yang cerdas secara musikal. Kecerdasan ini berhubungan dengan suara, ritme dan rima

Kecerdasan Fisik
Jika anda sangat suka dengan olahraga dan di kamar anda banyak terletak peralatan olahraga, berarti anda cerdas secara fisik. Orang yang mempunyai kecerdasan ini biasanya dengan sadar dapat menggunakan gerak tubuhnya dengan baik

Kecerdasan Interpersonal
Kecerdasan inilah yang dimiliki anak-anak gaul dalam arti sebenarnya. Jika anda mudah membina persahabatan dengan orang-orang, atau mudah untuk mengetahui apa yang dipikirkan temanmu. Kecerdasan ini mengacu pada cara seseorang bergaul dengan orang lain.

Kecerdasan Intrapersonal
Kecerdasan intrapersonal adalah kecerdasan mengenai diri sendiri atau sadar-diri. Ini juga disebut kecerdasan emosional. Karena berhubungan dengan cara anda menangani emosi. Jika anda terkena situasi sulit, anda dapat dengan mudah untuk mengontrolnya, jika anda sabar dengan segala kekurangan, Jika anda berpikir sebelum menjawab, maka anda termasuk orang yang mempunyai kemampuan cerdas secara intrapersonal.

Kecerdasan Natural
Kecerdasan ini mendefiniskan kepekaan seseorang terhadap lingkungan sekitarnya. Kalau anda menikmati berada di alam terbuka setiap akhir pekan atau terlibat terhadap suatu kelompok yang mengurusi masalah lingkungan hidup maka anda termasuk ke dalam orang cerdas secara natural

Kecerdasan Intuitif/Visi
Ini adalah kecerdasan seseorang yang menentukan menjadi pemimpin atau pengikut. Pemimpin-pemimpin besar dapat melihat situasi yang akan terjadi dan mengambil tindakan tepat untuk menanggapinya.tindakan yang diambil bukan hanya berdasarkan intuisi semata tetapi melihat juga fakta-fakta ke belakang dan melakukan keputusannya dengan “berani”. Dalam dunia IT Bill Gates adalah salah satu contohnya, entah kenapa orang ini sepertinya punya bola kristal di dalam kantongnya, dia dapat meramalkan bahwa PC akan tersedia di rumah-rumah dan nyatanya sekarang komputer bukan barang langka bagi rumah tangga.

Kecerdasan Finansial
Apakah anda selalu mengaudit pemasukan dan pengeluaran anda. Apakah Jika Anda pergi ke mall, anda dapat menahan diri untuk membeli barang-barang yang menarik bagi anda tetapi bukan merupakan prioritas tertinggi. Apakah anda dapat dengan mudah mengelola uang, maka anda termasuk orang yang cerdas secara finansial

lirik lagu go go power ranger

go go power ranger

They've got a power and a force that you've never seen before
They've got the ability to morph and to even up the score
No one will ever take them down
The power lies on their side

Go, go, Power Rangers
Go, go, Power Rangers
Go, go, Power Rangers
You, Mighty Morphin' Power Rangers

They know the fate of the world is lying in their hands
They know to only use their weapons for defense
No one will ever take them down
The power lies on their side

Go, go, Power Rangers
Go, go, Power Rangers
Go, go, Power Rangers
You, Mighty Morphin' Power Rangers

No one will ever take them down
The power lies on their side

Go, go, Power Rangers
Go, go, Power Rangers
Go, go, Power Rangers
You, Mighty Morphin' Power Rangers

Go, go, Power Rangers
Go, go, Power Rangers
Go, go, Power Rangers
Go, go, Power Rangers
Go, go, Power Rangers
Go, go, Power Rangers
Go, go, Power Rangers

lirik lgu sujiwo tedjo titi kala mangsa

titi kala mangsa

sujiwo tedjo


Wong takon wosing dur angkoro

Antarane riko aku iki


Sumebar ron ronaning koro

Janji sabar, sabar sak wetoro wektu

Kolo mangsane, ni mas

Titi kolo mongso


Reff:

Pamujiku dibiso

Sinudo kurban jiwanggo

Pamungkase kang dur angkoro

Titi kolo mongso


Arti :

Orang orang bertanya kapan angkara murka berakhir


Diantara kau dan aku


Tersebar daun daun kara

Bersabarlah untuk sementara waktu

Suatu ketika, dinda

Pada suatu ketika


Reff:

Doaku semoga

Semakin berkurang korban jiwa raga

Pengakhir angkara murka

Waktu




Minggu, 12 April 2009

mengoptimalkan fungsi otak kiri dan kanan

Menurut Roger Sperry pemenang hadiah Nobel pada tahun 1981 dinyatakan bahwa manusia hidup dengan menggunakan 2 otak yaitu otak kiri dan otak kanan.

Otak kiri berada di sebelah kiri kepala mengendalikan tubuh bagian kanan sedangkan otak kanan berada di sebelah kanan kepala mengendalikan tubuh bagian kiri.

Sebagian besar manusia selama hidupnya lebih banyak menggunakan otak kirinya sekitar 90 % dan menggunakan otak kanannya hanya sekitar 10 %.

Makanya kita perhatikan banyak banget teman kita yang menulis memakai tangan kanan yang berarti mengandalkan otak kirinya …bagaimana dengan kidal? Nah itu dia, orang seperti ini dia menggunakan otak kanannya.

Belajar matematika, fisika, kimia dan pelajaran sekolah bagaimana ? itu juga menggunakan otak kiri. Kalau begitu banyak sekali pekerjaan yang selalu mengandalkan penggunaan otak kiri karena selalu menggunakan tangan kanan ? Yup…..kamu benar. Kalau begitu juga….. ngapain ada otak kanan ? yeeee…. yah jelaslah sebagai penyeimbang, kalau ada kiri pasti ada kanan, bener gaaaak…..

Sekarang nilai dirimu ya, kamu lebih banyak menggunakan otak kiri atau otak kanan. Ini cirinya :

Ciri orang yang lebih banyak menggunakan otak kiri

    1. berpikirnya linier/ searah biasanya berdasarkan logika 2. Kalo ngomong biasanya gak pake perasaan 3. gampang menghafal ( sampe titik koma hafal apalagi kalo mo ujian he..he… dasar otak kiri ) 4. biasanya kalo berdebat mo menang sendiri ( emang kamu siapa ? ) 5. biasanya punya nilai akademik tinggi 6. dll pokoknya yang berhubungan dengan akademik dan intelektual

Ciri orang yang lebih banyak menggunakan otak kanan

    1. berpikirnya berfluktuasi/naik turun ( contoh : aku mengerjakan sesuatu karena aku menyukainya ) 2. kadang punya ide dan pikiran yang gila-gilaan 3. suka menghayal 4. pemimpi 5. arah pikiran susah ditebak 6. punya imajinasi tinggi 7. lebih kreatif 8. dll pokoknya yang berhubungan dengan aspek artistic n naluri

Bila kamu hanya mengandalkan salah satu otak saja, berarti mengurangi potensi otak secara keseluruhan. Bagaimana bila menggunakan 2 belahan otak ? itu bagus ! dengan demikian berarti menggunakan semua kapasitas otak yang dimiliki yaitu kekuatan otak yang ganda.

Kalo gitu penting banget ya otak kanan itu ? tentu penting banget. Tapi sayang penggunaan otak kanan belum dimaksimalkan oleh kita dan keadaan.Lho kok ? iyaaaaa….. Nih buktinya …….selama kurang lebih 16 tahun kita sekolah dari SD sampe S1, kita lebih banyak menggunakan otak kiri untuk mempelajari mata pelajaran sekolah seperti matematika, fisika dll dan hanya sedikit sekali mata pelajaran yang menggunakan otak kanan seperti olah raga dan keterampilan, daaaan nilai ato prestasi selalu dinilai oleh tingginya nilai akademik sekolah, seolah yang nilai matematikanya 5 di nilai bodoh ( hmmmm…..terlalu….) ya gitu deh…..

Jadiiiii…….otak kanan harus dioptimalkan penggunaanya agar seimbang dengan otak kiri dooong…..???? yuuuup lagi….. ( emang enak kalo dengerin lagu lewat headset yang kiri suaranya besar sedang yang kanan suaranya kecil…mending gak usyah deh…)

Kalo begitu bagaimana caranya mengoptimalkan otak kanan ?
Caranya…?????!!!! Mau tau ya…( he…he….)
Gampang !

Nih dia :
1. Belajar sempoa ( OH NO….aku gak mau, dah besar kok masih belajar sempoa seperti anak kecil ). Yeeee….jangan salah belajar sempoa tuh melatih penggunaan otak kanan agar lebih optimal loh, bisa buat kamu lebih kreatif n gak gampang menyerah, lebih mandiri dan lebih konsentrasi, juga buat kamu lebih cepat berhitung ( coba kerjakan soal ini 2.345.765 : 2 = ? ( dalam waktu 15 detik n gak pake coret2an bisa gak )….( yeh paling kamu gak bisa…kan he….he….he…:P)

2. Buat puisi. Tulis aja semua kata yang berlalu lalang di kepalamu n…voila….jadilah puisi pertama hasil karyamu

3. Coba nyanyikan ulang lagu dari penyanyi kesayangnmu keras-keras, jangan malu ( biar fals gpp…toh memang itu suaramu….aku ngerti kok )

4. Tuliskan impianmu diatas kertas misal kamu ingin punya istana yang bagus dengan kolam yang ada angsa di depannya ato kamu ingin punya jet pribadi yang bisa membawamu terbang kemana-mana….tulis aja namanya juga menghayal ( menghayalkan gak bayar knapa mesti takut )

5. Menggambar pemandangan
6. Belajar naek sepeda
7. Berrenang
8. Latihan Footsal
9. Maen Game ( kalo maen jangan kelamaan sampe lupa waktu lagi yah…)
10. Malamun ( Hmm…..asyiiik….)
11. Menyulam
12. Menjahit
13. Dll pokoknya yang berhubungan dengan kreatifitas, imajinasi n khayalan.
Nah di coba deh gak da ruginya kan…..

Oya…kamu tau gak untuk seorang pebisnis penggunaan otak kanan tu penting banget, terutama untuk negosiasi bisnis. Karena yang namanya nego tu mesti pake parasaan, naluri n intuisi.

Seandainya kamu menggunakan otak kirimu saja saat nego dijamin gak bakalan gol, karena partner bisnismu akan menilaimu orang yang gak berperasaan, intuisi bisnisnya payah, nalurinya gak tajam mending gak berhubungan aja ma orang seperti ini dll….dll….
Gak percaya… praktekin aja.
Bakalan rugi….beneeer…

fungsi belahan otak kiri dan kanan

Menyeimbangkan Otak Kiri dan Kanan


Manusia merupakan mahluk yang mulia yang diberikan berbagai kelebihan oleh Tuhan Yang Maha Esa. Manusia diberikan akal, sehingga dengan akal tersebut manusia dapat berpikir. Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, kita mengetahui bahwa pusat manusia dalam berpikir ada pada otak yang dimiliki manusia. Berbagai studi menunjukkan begitu hebatnya otak yang dimiliki manusia.
Penelitian mutakhir menunjukan bahwa otak manusia terdiri atas dua belahan otak, belahan otak kiri dan belahan otak kanan. Kedua belahan otak tersebut memiliki fungsi dan peran yang berbeda, akan tetapi kedua belahan otak tersebut saling melengkapi satu sama lainnya. Walaupun demikian setiap orang biasanya memiliki kecenderungan untuk dominan pada salah satu belahan otak tersebut. Kondisi yang merugikan adalah apabila dominansi itu menyebabkan fungsi belahan otak yang lainnya menjadi lemah, hal ini tentunya akan membuat kemampuan berpikir kita akan menjadi kurang optimal. Yang paling bagus adalah dapat memanfaat kedua belahan otak tersebut secara keseluruhan.

bagian dan fungsi otak

Bagian dan Fungsi Otak..


Penemuan penting di dalam sejarah otak adalah kesadaran kita bahwa berbagai bagian otak mengendalikan fungsi yang berbeda-beda. Bagian-bagian otak adalah

Batang Otak, mengendalikan fungsi-fungsi penyangga kehidupan dasar misalnya pernapasan dan laju denyut jantung. Mengontrol tingkat kesiagaan. Menyiagakan anda terhadap informasi sensorik yang masuk. Mengendalikan suhu. Mengendalikan proses pencernaan. Menyampaikan informasi dari serebelum.

Serebelum atau otak kecil atau otak belakang, mengendalikan gerakan tubuh dalam ruang dan menyimpan ingatan untuk respon-respon dasar yang dipelajari.

Sistem Limbik atau otak tengah, yang posisinya sedikit lebih ke depan dan terdiri atas Talamus dan Ganglia Basal atau otak tengah. Sistem Limbik penting bagi pembelajaran dan ingatan jangka pendek tetapi juga menjaga homeostatis di dalam tubuh (tekanan darah, suhu tubuh dan kadar gula darah). Terlibat dalam emosi ketahanan hidup dari hasrat seksual atau perlindungan diri.
Menurut ilmuwan Robert Ornstein "suatu cara untuk mengingat fungsi sistem limbik adalah empat F, yang penting untuk kelangsungan hidup : Feeding (memberi makan), Fighting (berkelahi), Fleeing (melarikan diri), dan reproduksi sosial (F yang satu ini tidak disebutkan oleh sang pengarang buku.. kenapa ya.. :p).

Sistem Limbik mengandung Hipotalamus, yang sering dianggap sebagian bagian terpenting dari 'otak mamalia'. Hipotalamus meskipun kecil (besarnya hanya sepatuh gula kotak) dan beratnya hanya empat gram, hipotalamus mengatur hormon, hasrat seksual, emosi, makan, minum, suhu tubuh, keseimbangan kimiawi, tidur dan bangun, sekaligus mengatur kelenjar utama dari otak (kelenjar pituitari). Hipotalamus adalah bagian otak yang memutuskan mana yang perlu mendapat perhatian dan mana yang tidak, misalnya kapan kita lapar.

Serebum atau korteks serebral, membungkus seluruh otak dan posisinya berada di depan. Serebum adalah karya besar evolusi alam dan bertanggung jawab atas berbagai keterampilan termasuk ingatan, komunikasi, pembuatan keputusan dan kreativitas. Fungsi : pengaturan, ingatan, pemahaman, komunikasi, kreativitas, pembuatan keputusan, mind mapping, bicara, musik. Serebum dibungkus oleh suatu lapisan berkerut-kerut berupa sel-sel saraf setebal seperdelapan inci yang amat sangat menakjubkan, yang dikenal sebagai korteks serebral. Sifat kortekslah yang merumuskan kita sebagai manusia.

Area terpenting otak yang perlu dipahami dalam mengenali kekuatan otak adalah serebrum atau yang sering disebut 'otak kiri dan kanan'.

Serebum membagi tugas ke dalam dua kategori utama yaitu tugas otak kanan dan otak kiri.
tugas otak kanan antara lain irama, kesadaran ruang, imajinasi, melamun, warna, dimensi dan tugas tugas yang membutuhkan kesadaran holistik atau gambaran keseluruhan. Tugas otak kiri antara lain kata-kata, logika, angka, urutan, daftar dan analisis.

Istilah-istilah populer yang memayungi kegiatan belahan otak kiri adalah
- Akademik
- Intelektual
- Bisnis

Belahan otak kanan :
- Artistik
- Kreatif
- Naluriah

Sejumlah penelitian mengungkapkan bahwa kekuatan dan kelemahan yang berkelanjutan dari keterampilan kortikal setiap orang lebih merupakan fungsi kebiasaan daripada desain dasar otak. Bila seseorang memiliki kelemahan pada area tertentu, kemudian dilatih maka keterampilan dan kekuatan orang tersebut di area-area lain ikut menguat. Misalnya A lemah dalam keterampilan menggambar dilatih menggambar dan melukis, maka kinerja akademisnya akan meningkat secara keseluruhan, terutama pada bidang-bidang seperti geometri dimana persepsi dan imajinasi berperan penting.

Contoh lain adalah keterampilan yang dimiliki otak kanan yaitu melamun yang sangat penting bagi ketahanan hidup otak. Melamun memberi istirahat yang sangat diperlukan kepada bagian-bagian otak yang melakukan pekerjaan analitis dan pengulangan, melatih pemikiran proyektif dan imajinatif dan memberi kita kesempatan untuk mengintehrasikan dan mencipta. Kebanyakan jenisu besar menggunakan lamunan yang diarahkan untuk membantu mereka memecahkan masalah, menghasilkan ide dan mencapai tujuan.

Bila anda hanya mengandalkan salah satu sisi otak dan melalaikan sisi lainnya, anda mengurangi potensi keseluruhan otak secara drastis.

Jumat, 03 April 2009

musik dan emosi

Dalam kehidupan sehari-hari musik sangat berpengaruh terhadap emosi.

Sebagai contoh. Apakah kita sering menonton film maupun sinetron?

Tentu (eh tapi kalo sinetron enggak lah J)

Sekarang coba perhatikan background musik (BGM) pada setiap adegan. Saat adegan sedih BGM-nya adalah musik-musik sendu, pada saat ada adegan kepahlawanan maka musiknya berubah menjadi heroik, begitu juga untuk musik horor yang disesuaikan dengan adegan yang mencekam dan menakutkan.

Nah sekarang coba bayangkan bagaimana jika musik tersebut tidak sesuai dengan adegannya, misal suatu ketika sound direktornya memasukkan musik yang salah pada suatu adegan. Adegan mencekam namun musik latarnya adalah musik humor…. Bayangkan film Tusuk Jalangkung BGM-nya adalah musik Tom And Jerry. Bagaimana film tersebut jadinya? Tentu saja tidak jadi mencekam.

Jika kita mendengar kaset pengajian seolah-olah saat itu sedang ada layatan maka suasana hati kita jadi ikut berduka cita. Jika kita mendengar lagu-lagu natal seolah-olah kita terbawa pada semangat natal meskipun perayaan natal masih dua bulan lagi.

Mungkin ini contoh yang paling kuat dari dampak musik/lagu terhadap mood kita.

Coba bayangkan lagu Indonesia raya. Seberapa kuat lagu itu mempengaruhi kita? Semangat Nasionalisme kita akan mucul bukan?

Dengan demikian musik sangat mempengaruhi mood kita terhadap suatu peristiwa. Dan ini bisa kita manfaatkan dalam kehidupan sehari-hari.

Saat sedih kita cenderung menguatkan perasaan kita dengan pikiran-pikiran negatif. Kita membayangkan kehilangan pacar, ditertawakan dimuka umum, tidak dihargai, hingga membayangkan tentang kematian padahal semuanya itu tidak terjadi. Kita memperkuatnya dengan memutar lagu-lagu melankolis supaya terkesan lebih dramatis. Kita sering melakukannya dan tanpa sadar mungkin sudah menjadi kebiasaan.

Sesungghuhnya kita tidak perlu larut dan terlalu lama berada dalam keadaan seperti itu. Meskipun berat untuk merubah mood tersebut kita harus tetap sadar bahwa keadaan tersebut tidak memberdayakan dan kita harus segara meninggalkannya. Kita harus mengambil keputusan.

Salah satu hal terpenting dalam kehidupan ini adalah mengambil keputusan, dan keputusan untuk merubah mood sedih tersebut sesungguhnya menandakan bahwa kita memiliki kuasa terhadap diri kita sendiri.. Jika kita terlibat dalam emosi sedih seperti itu maka keputusannya ada dua yaitu kita membiarkan larut dalam kesedihan atau segera bangkit untuk menyudahi kesedihan dan menggantinya dengan sebuah kesempatan baru.

Kalau kita memilih untuk segera bangkit dan melangkah maju maka berikut tipsnya.

Kita bisa melawan mood kita yang lagi sedih dengan musik-musik yang ceria!! Seberapa kuat dan cepat musik dapat merubah emosi tersebut? Caranya?

Kalau kita sedih berjalanlah keluar rumah atau naik motor kemana saja sambil dengarkan musik lewat headset/ipod (volume diatur agar tidak terlalu keras karena bisa berbahaya dalam berkendara). Saat itu kita akan merasakan bahwa kita menjadi pemeran utama dalam film kehidupan ini. Musik yang kita dengarkan solah-olah menyatu dengan film yang sedang kita perankan. Putar musik yang memberikan inspirasi, bisa musik klasik yang megah, musik jazz, pop, rock, soundtrack kartun atau sebagainya yang penting musik tersebut bisa memberikan semangat dan cocok untuk BGM adegan ?kebangkitan kita?.

Rasakan musik tersebut beserta semua yang saat ini terjadi dalam kehidupan menyatu semuanya. Bagaimana musik tersebut mengiringi perasaan, gerakan tubuh, mengiringi lingkungan, mengiringi kendaraan yang sedang berlalu lalang, pedagang, pejalan kaki, bayangkan musik mengiringi jalan raya yang sangat sibuk dan selalu ingat bahwa kita adalah pemeran utamanya. Bayangkan kita sebagai aktor utama siap untuk mendobrak kekalahan dan siap untuk meyambut peluang dan kesempatan baru.

Apa yang kita rasakan kemudian? Emosi sedih tersebut dengan cepat berubah menjadi semangat. Biasanya kita akan tersenyum dan berteriak terhadap perubahan tersebut. Dan biasanya memang berhasil.

Pelajaran yang bisa diambil adalah bahwa kita memiliki kuasa untuk menentukan apa yang akan kita alami. Sekuat apapun kita selalu saja ada saat dimana kita dikalahkan oleh emosi-emosi negatif. Namun seberapa cepat kita bangkit tergantung keputusan yang kita ambil. Kita sendiri yang menentukan apa yang akan kita rasakan. Kita sendiri yang menentukan masa depan kita.

“Kita bukan ciptaan keadaan, tetapi kita menciptakan keadaan” (Benjamin Disraeli)

“Saat mengambil keputusan itulah takdir dibentuk” (Anthony Robbins).

(dari berbagai sumber)

chord melompat lebih tinggi (request)

melompat lebih tinggi
sheila on 7

D
kita berlari dan teruskan bernyanyi
Bm
Kita buka lebar pelukan mentari
Em                      G                     A           D
Bila ku terjatuh nanti, kau siap mengangkat aku lebih tinggi

(SAME  CHORDS USED)
VERSE 2:
Seperti pedih yang telah kita bagi
Layaknya luka yang telah terobati
Bila kita jatuh nanti... kita siap tuk melompat lebih tinggi

pre-chorus:
Bm    Em           A          D
Bersama kita bagai hutan dan hujan
Bm    Em            A           B          C#
Aku ada karna kau telah tercipta aaa  aaaaaaaaa......

Reff:
B                 C#
Kupetik bintang, untuk kau simpan
D#M                      A#M
Cahayanya tenang, berikan kau perlindungan
G#M                  
Sebagai pengingat teman
B
Juga sebagai jawaban
D           F#
Semua tantangan ........

bRIDGE:

D#M                         C#
Sebelum waktu memisahkan detikku, detikmu
B                        C#
Sebelum dewasa, menua, memisahkan kita,
D#M                            C#
Degupan jantung kita akan selalu seirama
B                 C#
bila kau rindu aku ku...(back to chorus).....

Selasa, 31 Maret 2009

standar kompetensi dan kompetensi dasar seni budaya

donwload standar kompetensi dan kompetensi dasar seni budaya di sini

Jumat, 27 Maret 2009

we will not go down

Lirik We Will Not Go Down (Song for Gaza)


WE WILL NOT GO DOWN (Song for Gaza)
(Composed by Michael Heart)
Copyright 2009

Intro: Am

Am                            C
A blinding flash of white light
G                Am
Lit up the sky over Gaza tonight
Am                    C
People running for cover
G                         am
Not knowing whether they’re dead or alive

Dm                                       Am
They came with their tanks and their planes
Dm                      Am
With ravaging fiery flames
G                Am
And nothing remains
C                             E
Just a voice rising up in the smoky haze

(*)

F   G    C
We will not go down
Am                  G
In the night, without a fight
F                            C
You can burn up our mosques and our homes and our schools
Am                  G
But our spirit will never die
F   C   G
We will not go down
E        Am
In Gaza tonight

Am                    C
Women and children alike
G                       Am
Murdered and massacred night after night
C                     Am
While the so-called leaders of countries afar
G                          Am
Debated on who’s wrong or right

Dm                         Am
But their powerless words were in vain
Dm                       Am
And the bombs fell down like acid rain
G                              Am
But through the tears and the blood and the pain
C                                 E
You can still hear that voice through the smoky haze

F    G   C
We will not go down
Am              G
In the night, without a fight
F                           c
You can burn up our mosques and our homes and our schools
am                G
But our spirit will never die
F   c    G
We will not go down
E      Am
In Gaza tonight

Dm Am G Am G E 2X

F    G   C
We will not go down
Am              G
In the night, without a fight
F                           c
You can burn up our mosques and our homes and our schools
am                G
But our spirit will never die
F   c    G
We will not go down
E      Am
In Gaza tonight

============ ========= ====



Cahaya putih yang membutakan mata
Menyala terang di langit Gaza malam ini
Orang-orang berlarian untuk berlindung
Tanpa tahu apakah mereka masih hidup atau sudah mati

Mereka datang dengan tank dan pesawat
Dengan berkobaran api yang merusak
Dan tak ada yang tersisa
Hanya suara yang terdengar di tengah asap tebal

Kami tidak akan menyerah
Di malam hari, tanpa perlawanan
Kalian bisa membakar masjid kami, rumah kami dan sekolah kami
Tapi semangat kami tidak akan pernah mati
Kami tidak akan menyerah
Di Gaza malam ini

Wanita dan anak-anak
Dibunuh dan dibantai tiap malam
Sementara para pemimpin nun jauh di sana
Berdebat tentang siapa yg salah & benar

Tapi kata-kata mereka sedang dalam kesakitan
Dan bom-bom pun berjatuhan seperti hujam asam
Tapi melalui tetes air mata dan darah serta rasa sakit
Anda masih bisa mendengar suara itu di tengah asap tebal

Kami tidak akan menyerah
Di malam hari, tanpa perlawanan
Kalian bisa membakar masjid kami, rumah kami dan sekolah kami
Tapi semangat kami tidak akan pernah mati
Kami tidak akan menyerah
Di Gaza malam ini


download di sini

lirik lagu green day

American Idiot
Artist: Green Day


Don't want be an American idiot.
Don't want a nation under the new media.
can you hear the sound of hysteria?
The subliminal mind fuck America.

Welcome to a new kind of tension.
All across the alienation.
Everything isn't meant to be ok.
Television dreams of tomorrow.
We're not the ones meant to follow.
For that's enough to argue you.

maybe I'm the fucker of America.
I'm not a part of a redneck agenda.
Now everybody do the propaganda.
And sing along in the age of paranoia.

Welcome to a new kind of tension.
All across the alienation.
Everything isn't meant to be ok.
Television dreams of tomorrow.
We're not the ones who're meant to follow.
For that's enough to argue you.

Don't want be an American idiot.
One nation controlled by the media.
Information age of hysteria.
It's calling out to idiot America.

Welcome to a new kind of tension.
All across the alienation.
Everything isn't meant to be ok.
Television dreams of tomorrow.
We're not the ones who're meant to follow.
For that's enough to argue you.

Rabu, 25 Maret 2009

ekspedisi metronum




cikcikcickcicicici............

Jumat, 20 Maret 2009

link Metode Pembelajaran Seni dan Budaya

Metode Pembelajaran Seni dan Budaya Seminar “Art for Teachers”

metode pembeajaran efektif

contoh skripsi

KUMPULAN METODE PEMBELAJARAN/ PENDAMPINGAN

lirik lagu mocca hanya satu

Hanya Satu - Mocca

hanya satu pintaku
tuk memandang langit biru
dalam dekap seorang ibu

hanya satu pintaku
tuk bercanda dan tertawa
di pangkuan seorang ayah

reff: apa bila ini
hanya sebuah mimpi
ku selalu berharap
dan tak pernah terbangun

hanya satu pintaku
tuk memandang langit biru
di pangkuan ayah dan ibu

repeat reff

hanya satu pintaku
tuk memandang langit biru
dalam dekap ayah dan ibu

lirik lagu mocca i remember

I Remember
Artist: Mocca
I remember...The way you glanced at me, yes I remember
I remember...When we caught a shooting star, yes I remember
I remember.. All the things that we shared, and the promise we made, just you and I
I remember.. All the laughter we shared, all the wishes we made, upon the roof at dawn

Do you remember..?
When we were dancing in the rain in that december
And I remember..When my father thought you were a burglar
I remember.. All the things that we shared, and the promise we made, just you and I
I remember.. All the laughter we shared, all the wishes we made, upon the roof at dawn

I remember.. The way you read your books,
yes I remember
The way you tied your shoes,
yes I remember
The cake you loved the most,
yes I remember
The way you drank you coffee,
I remember
The way you glanced at me, yes I remember
When we caught a shooting star,
yes I remember
When we were dancing in the rain in that december
And the way you smile at me,
yes I remember

PERMEN dan uu no 22. 23 24 tentang standar isi

PERATURAN
MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL
REPUBLIK INDONESIA
NOMOR 24 TAHUN 2006
TENTANG
PELAKSANAAN
PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL NOMOR 22 TAHUN
2006 TENTANG STANDAR ISI UNTUK SATUAN PENDIDIKAN DASAR
DAN MENENGAH DAN PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL
NOMOR 23 TAHUN 2006 TENTANG STANDAR KOMPETENSI
LULUSAN UNTUK SATUAN PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH
DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA
MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL,
Menimbang : bahwa agar Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22
Tahun 2006 tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan
Dasar dan Menengah dan Peraturan Menteri Pendidikan
Nasional Nomor 23 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi
Lulusan Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah dapat
dilaksanakan di satuan pendidikan pada jenjang pendidikan
dasar dan menengah secara baik, perlu menetapkan Peraturan
Menteri Pendidikan Nasional tentang Pelaksanaan Peraturan
Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang
Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah dan
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 23 Tahun 2006
tentang Standar Kompetensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan
Dasar dan Menengah;
Mengingat : 1. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem
Pendidikan Nasional (Lembaran Negara Republik Indonesia
Tahun 2003 Nomor 78, Tambahan Lembaran Negara
Republik Indonesia Nomor 4301);
2. Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang
Standar Nasional Pendidikan (Lembaran Negara Republik
Indonesia Tahun 2005 Nomor 41, Tambahan Lembaran
Negara Republik Indonesia Nomor 4496);
Page 2
2
3. Peraturan Presiden Nomor 9 Tahun 2005 tentang
Kedudukan, Tugas, Fungsi, Susunan Organisasi, dan
Tatakerja Kementrian Negara Republik Indonesia
sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Presiden
Nomor 62 Tahun 2005;
4. Keputusan Presiden Nomor 187/M Tahun 2004 mengenai
Pembentukan Kabinet Indonesia Bersatu sebagaimana telah
beberapa kali diubah terakhir dengan Keputusan Presiden
Nomor 20/P Tahun 2005;
5. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun
2006 tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar
dan Menengah;
6. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 23 Tahun
2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan Untuk Satuan
Pendidikan Dasar dan Menengah;
MEMUTUSKAN:
Menetapkan
: PERATURAN MENTERI
PENDIDIKAN
NASIONAL
TENTANG



selengkapnya............unduh permen no 22, 23, 24 pdf

standar isi kurikulum

Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) adalah sebuah kurikulum operasional pendidikan yang disusun oleh dan dilaksanakan di masing-masing satuan pendidikan. KTSP secara yuridis diamanatkan oleh Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Penyusunan KTSP oleh sekolah dimulai tahun ajaran 2006/2007 dengan mengacu pada Standar Isi (SI) dan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) untuk pendidikan dasar dan menengah sebagaimana yang diterbitkan melalui Peraturan Menteri Pendidikan Nasional masing-masing Nomor 22 Tahun 2006 dan Nomor 23 Tahun 2006, serta Panduan Pengembangan KTSP yang dikeluarkan oleh BSNP.

Pada prinsipnya, KTSP merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari SI, namun pengembangannya diserahkan kepada sekolah agar sesuai dengan kebutuhan sekolah itu sendiri. KTSP terdiri dari tujuan pendidikan tingkat satuan pendidikan, struktur dan muatan kurikulum tingkat satuan pendidikan, kalender pendidikan, dan silabus. Pelaksanaan KTSP mengacu pada Permendiknas Nomor 24 Tahun 2006 tentang Pelaksanaan SI dan SKL.


Standar isi adalah ruang lingkup materi dan tingkat kompetensi yang dituangkan dalam persyaratan kompetensi tamatan, kompetensi bahan kajian kompetensi mata pelajaran, dan silabus pembelajaran yang harus dipenuhi peserta didik pada jenjang dan jenis pendidikan tertentu. Standar isi merupakan pedoman untuk pengembangan kurikulum tingkat satuan pendidikan yang memuat:

* kerangka dasar dan struktur kurikulum,
* beban belajar,
* kurikulum tingkat satuan pendidikan yang dikembangkan di tingkat satuan pendidikan, dan
* kalender pendidikan.

SKL digunakan sebagai pedoman penilaian dalam penentuan kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan. SKL meliputi kompetensi untuk seluruh mata pelajaran atau kelompok mata pelajaran. Kompetensi lulusan merupakan kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan sesuai dengan standar nasional yang telah disepakati.

Pemberlakuan KTSP, sebagaimana yang ditetapkan dalam peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 24 Tahun 2006 tentang Pelaksanaan SI dan SKL, ditetapkan oleh kepala sekolah setelah memperhatikan pertimbangan dari komite sekolah. Dengan kata lain, pemberlakuan KTSP sepenuhnya diserahkan kepada sekolah, dalam arti tidak ada intervensi dari Dinas Pendidikan atau Departemen Pendidikan Nasional. Penyusunan KTSP selain melibatkan guru dan karyawan juga melibatkan komite sekolah serta bila perlu para ahli dari perguruan tinggi setempat. Dengan keterlibatan komite sekolah dalam penyusunan KTSP maka KTSP yang disusun akan sesuai dengan aspirasi masyarakat, situasi dan kondisi lingkungan dan kebutuhan masyarakat.

unduh tentang KTSP

unduh Kajian Kebijakan Kurikulum Senibudaya


unduh kepmendiknasno_107__6


unduh rpp senimusik

unduh sisdiknas.pdf

link pembelajaran

http://gurupkn.wordpress.com/2008/01/17/kegiatan-pembelajaran-dan-pemilihan-media-pembelajaran/

Kamis, 19 Maret 2009

tentang KTSP

Menyusun Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)

Di awal tahun ajaran 2007/2008 banyak sekolah mengalami kendala dalam menyusun Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) mengingat dalam penyusunan harus dimulai dan berangkat dari mana??? Wajar kalau setiap sekolah mengalami banyak kendala walaupun persoalannya berbeda-beda tapi substansinya sama yaitu bagaimana kurikulum itu bisa jadi dengan berbagai cara ada yang langsung copy paste dari hasil browsing dari internet pada hal itu bukan yang diharapkan.

Harapan dari Dinas Pendidikan baik itu di level Propinsi maupun Kota Madya dan Kota Kabupaten bahwa produk kurikulum sekolah yang diberi label Kurikulum Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) merupakan sebuah kurikulum yang benar-benar dibuat oleh sekolah yang meilibatkan unsur kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, konselor, komite sekolah dan nara sumber, sehingga dengan sinerginya unsur-unsur tersebut akan menemukan kemudahan dalam proses pembuatan kurikulum.

Untuk mempermudah dalam penyusunan komponen kurikulum perlu dibentuk sebuah team, dimana tim ini mengkoordinasikan dan mengakomodasikan berbagai kebutuhan dan permasalahan yang ada dalam proses penyusunan. Adapun tim yang bisa dikelompokkan menjadi rumpun mata pelajaran IPA, dan IPS serta team kurikulum inti dimana masing-masing bekerja sesuai dengan draf yang kita buatkan dalam konsep blue print sebagai pijakan untuk bekerja tim dalam merumuskan KTSP.

===================================================================




Rabu, 11 Maret 2009

silabus seni musik kelas X

download silabus seni musik kelas X di sini

Senin, 23 Februari 2009

cahaya hati-glukossa in G

cahaya hati-glukossa in G


G__ F#m__ Em__ G__ F#m___ Em
andaikan cinta_____ datang kembali
____Am7__________ Bm
biarkan ku lahir dan hidup
_____C_________ D
dalam ketulusan cinta


G____ F#m_ Em G____ F#m___ Em
semoga saja_______ kan ada______ hari
_______Am7___ Bm
demi waktu ku rela
___C___________ D
bertahan untuk dirimu

reff
______Csus2___________ D
terimakasih telah bahagiakan ku
____Bm_______ Em
di sisa waktu hidupku
______Am7_________ D _________G___ G7
kau cahaya hati, tetap mengisi relung hatiku
_______C______________ D
tuhan telah berikan yang terbaik
_____Bm_________Em
untukku itulah dirimu
___________Am7
tlah beri kesempatan
__________D
tuk ungkapkan
_______G
ku mencintaimu


Intro G F#m Em 2x

Senin, 02 Februari 2009

libur telah tiba....ckckckckck

wehehehe

libur telah tiba
libur telah tiba
libur telah tiba
tidur telah tiba
tidur telah tiba

whwhwhwhwhwh salah kue
wwlwlwlwlwlwlw bener kue

hore hore hore

simpanlah tas dan bukumu
hilangkan keluh kesahmu

tidur panjang telah tiba
tidur musim dingin telah tiba

hidup hibernasi

salam walaweeee

Senin, 26 Januari 2009

Gerhana

Default Gerhana Matahari di Indonesia Tahun 2009-2010

Akhirnya, setelah sekian lama, Gerhana matahari akan segera menyapa Indonesia. Tidak tanggung-tanggung, 3 gerhana matahari secara berturut-turut akan melewati Indonesia dalam rentang waktu 2009 - 2010. Sayangnya, tidak semua bagian di wilayah Indonesia dapat melihat fenomena ini. Karena, ketiga gerhana ini cuman melewati bagian barat dan/atau utara indonesia.


Tahun 2009 tercatat ada dua gerhana yang akan melewati Indonesia, yaitu pada tanggal 26 Januari dan 21-22 Juli, sementara itu, gerhana matahari akan kembali menyenggol kita pada tanggal 15 Januari 2010.

Fenomena ini sangat disayangkan untuk dilewatkan, karena gerhana matahari baru akan menyapa kita kembali pada tahun 2016.

1. Gerhana 26 Januari 2009

Yang paling spesial dari ketiganya adalah Gerhana pada tanggal 26 Januari yang jatuh pas di hari libur Imlek. Gerhana ini dapat dilihat oleh hampir seluruh masyarakat Indonesia (Dari Banda Aceh sampai Ambon), beruntunglah mereka yang tinggal di daerah Lampung, Samarinda, dan Teluk betung, karena bulan menutup hampir seluruh bagian matahari. Gerhana ini terjadi pada waktu sore hari sekitaran pukul 3 - 4.Yang perlu diperhatikan dari jenis gerhana ini adalah jenis gerhana ini adalah gerhana matahari anular (bukan total) artinya ukuran bulan tidak cukup besar untuk menutupi seluruh priringan matahari berbeda dengan gerhana matahari total dimana bulan menutupi seluruh piringan matahari. Jadi, untuk melihatnya, perlu digunakan lensa pelindung mata, serta bagi fotografer, ingat untuk melindungi lensa kameranya sebelum mengabadikan fenomena langka ini.

2. Gerhana Matahari 22 Juli 2009

Gerhana ini cuma dapat dinikmati oleh mereka-mereka yang tinggal di bagian utara Indonesia seperti: Banda Aceh, Jayapura, Manado, Medan, Padang, Palu, Pekanburu, Pontianak, Samarinda, Sorong, Ternate. Jenis Gerhana ini adalah gerhana Matahari Total, namun di Indonesia, bulan hanya akan menutup sebagian kecil dari matahari. Jika ingin melihat gerhana matahari total ini secara full, anda bisa ke Shanghai, karena disana, Bulan akan menutupi seluruh bagian matahari.

3. Gerhana Matahari 15 Januari 2010

Fenomena alam ini cuman bisa dinikmatin oleh mereka yang tinggal di bagian utara dan barat Indonesia seperti: Balikpapan, Banda Aceh, Tanjungkarang Telukbetung, Bandung, Banjarmasin, Bengkulu, Jakarta, Manado, Medan, Padang, Palembang, Palu, Pekanbaru, Pontianak, Samarinda, Semarang, Surakarta, Yogyakarta. Bagian Timur Indonesia sudah keburu malam ketika bayangan bulan melewati bagian sana.
Sama halnya dengan gerhana Juli 2009, bulan cuma akan menutup sebagian matahari saja. Karena pusat jalur Gerhana Matahari ini melewati daerah India dan Cina sana, sehingga di Indonesia cuma kebagian sebagian kecil bayangan dari Bulan.

Audio Avatar

audio avatar

http://www.avatarspiritmedia.net

Informasi Sikadu

informasi SIKADU

Semarang, akademik.unnes.ac.id.
Menyusuli pengumunan sikadu tentang jadwal persiapan semester genap 2008/2009 ada beberapa perubahan jadwal registrasi akademik dan registrasi administrasi semester Genap 2008/2009;
  • Pemesanan matakuliah dan konsultasi dengan dosen wali, tanggal 5 Januari 2009 s/d 24 Januari 2009
  • Pembuatan jadwal (MKU: 27 s/d 29 Januari 2009; Prodi: 30 Januari 2009 s/d 6 Februari 2009)
  • Yudisium semester genap 2008/2009 tanggal 23 Januari 2009
  • Registrasi administrasi (pembayaran SPP Sardik , dll) tanggal 27 Januari 2009 s/d 20 Februari 2009
  • Registrasi akademik (pengisian KRS) dan perwalian semester genap 2008/2009 tanggal 9 s/d 20 Februari 2009
  • Kuliah perdana tanggal 2 Maret 2009

Demikian atas perhatiannya,

Selasa, 06 Januari 2009

kamus n latian 3(dinamik)

dinamik adalah kencang kuatnya suara dalam penyajian sebuah karya musik. dinamik membantu meningkatkan efek dramatik maupun penekanan melodik bait sebuah karya musik. pada notasi musik, dinamik ditandai dengan hurup ppp= pianississimo (selembut mungkin) pp= pianissimo (sangat lembut) p= piano (lembut) mp= mezzo piano ( agak lembut) mf=mezzo forte( agak keras) f= forte (keras) ff= fortissimo (sangat keras) fff= fortississimo ( sekeras mungkin)